Monday, August 17, 2015

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) / Ospek di UNTAR Jakarta 2015


Gedung I UNTAR

Gedung II UNTAR


Hai semua! Buat para calon UNTARIAN yang mungkin lagi galau-galaunya pilih univ apa yang bakal kalian pilih, hari ini aku mau jelasin sekilas tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2015 di UNTAR, atau bahasa kerennya biasanya kita sebut ospek hehe.

Aku jamin pasti kalian udah ga asing nih kalo liat 2 gambar gedung diatas. Pasti sering dilewatin ya kalo misalnya kalian lagi otw ke mall-mall yang ada di daerah Jakarta.

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, "Kak, bedanya UNTAR 1 sama UNTAR 2 apa ya??" Nah, aku bakal jelasin singkat aja nih..
  • UNTAR 1 itu biasanya dipake buat mahasiswa/i yang bukan anak FE (Fakultas Ekonomi). Selain buat belajar, biasanya gedung ini dipake buat calon mahasiswa baru (maba) yang pengen daftar/registrasi ulang
  • UNTAR 2 itu dipake khusus buat mahasiswa/i anak FE (Fakultas Ekonomi). Menurutku, gedung anak FE beda sendiri karena mahasiswa/i FE UNTAR itu banyak banget. Aku ini maba FE 2015 jurusan Akuntansi Bisnis. Dan perlu kalian tau, taun ini kelas anak akun itu ada 17 kelas. Kebayang dong, kalo misalnya maba FE UNTAR itu emang paling banyak hehehe

Lanjut ke topik utama, aku bakal bahas apa aja sih yang aku lakukan selama jalanin ospek di UNTAR selama 3 hari. Jadi, aku ikutin ospek/PMB di UNTAR dari hari Rabu-Jumat, tanggal 12-14 Agustus 2015. Sekarang aku jelasin ya secara ringkas apa aja yang aku lakuin selama 3 hari itu...

Hari Pertama

Suasana Ospek Hari Pertama
Buat kalian yang lagi baca ini dan mungkin kepikiran,"Duhhh, aku bakal dikerjain ga ya/dimarahin sama senior?". Disini aku mau menegaskan kalo selama 3 hari aku menjalani ospek, aku ga pernah yang namanya dimarahin/dikerjain sama seniorku. Jadi, kalian ga usah takut ya jalanin ospek kuliah, tenang aja kok kalian ga bakal di aneh-anehin.

Hari pertama aku ospek, aku bersama teman-teman baru dari Fakultas Ekonomi ngumpul disebelah gedung utama (gedung yang aku pasang di blog ini). Setiap fakultas udah punya tempat ngumpulnya sendiri. Mulai jam 08.00 ada acara kata sambutan dari beberapa jajaran karyawan UNTAR, baru acara ospek ini resmi dimulai.

Nah, pas kita registrasi ulang, kita uda dikasih tau nih sama kakaknya kalo kita uda dibagi kelompok gitu buat pas ospek. Aku waktu itu dapat kelompok A20, dan itu isinya ga cuma anak2 ekonomi aja, tapi ada juga yang dari fakultas lain. Intinya, ospek hari pertama tuh semua mahasiswa/i dari berbagai fakultas ngumpul di 1 kelompok.

Khusus buat kelompok A, kita disuruh ngumpul di 1 ruangan gitu, aku lupa nama ruangannya apa, hahaha. DIsana bakal ada kakak-kakak mentor setiap kelompok yang bakal ngebantu arahin kita-kita yang maba. Kita sih disuruh bikin yel-yel kelompok, sama kenalan sama temen-temen baru, biar ga canggung.

Setelah itu, nanti bakal di promosiin beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UNTAR. UKM itu kaya semacam ekskul yang ada di UNTAR. UKM di UNTAR cukup banyak, ada yang di bidang olahraga, seni, dan rohani. PMB tahun ini temanya Intergritas. Abis promosi UKM, ada beberapa pembicara yang mengadakan seminar mengenai Integritas. Integritas menurut pendapatku adalah melakukan hal yang menurut kita benar, walau terkadang belom tentu semua orang bisa menerapkannya.

Setelah seminar, kita disuruh siap-siap pulang. Seingetku acara ospek selesai jam 16.00.


Hari Kedua

Left to Right: Jeanet, me, and Yocelyne

Hari kedua PMB UNTAR ini mahasiswa/i baru kelompoknya beda sama hari pertama, karena hari kedua dan ketiga PMB adalah ospek untuk maba per fakultas. Karena aku anak Ekonomi, jadinya aku bersama temen-temen FE berkumpul di Gedung 2 UNTAR buat jalanin ospek hari kedua. 

Hal pertama yang kita lakuin di hari kedua itu kita disuruh registrasi ulang buat tentuin  kita bakal di kelompok mana. Aku waktu itu dapet kelompok B 701. Arti dari B 701 ternyata buat nentuin dimana ruang kelompok kita berkumpul, dan 701 itu ternyata sebuah ruang kelas, yang terletak di lantai 7.

Sama seperti hari pertama, kita juga bakal dibantu sama kakak-kakak mentor kita. Kali ini, kakak mentor kita itu berasal dari organisasi IMAKTA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi Tarumanagara). Ternyata, selain IMAKTA, masih ada nih organisasi lain di UNTAR, ada DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), IMANTA (Ikatan Mahasiswa Manajemen Tarumanagara), dan MEGA (Mahasiswa Ekonomi Gemar Alam). Aku jelasin lagi ya secara lugas mengenai organisasi diatas:
  • DPM itu kaya semacem lembaga legislatif di UNTAR. Yaa anggap aja kaya DPR di negara kita. Dia punya tugas buat setujuin/tolak beragam acara yang bakal diadain sama lembaga eksekutif UNTAR
  • BEM adalah salah satu lembaga eksekutif tertinggi di UNTAR. Kok bisa? Soalnya, BEM ini posisinya diatas IMANTA dan IMAKTA. BEM bergerak di bidang akademis dan non akademis. Tapi menurutku sih, BEM lebih condong ke arah non akademis
  • IMAKTA dan IMANTA adalah lembaga-lembaga dibawah BEM yang bergerak di bidang akademis. 
  • MEGA ini mirip-mirip seperti ekskul Pecinta Alam yang ada di beberapa SMA. Jadi, mereka sering tuh ngelakuin caving, hiking, dan camping. Cocok nih buat kalian-kalian yang suka banget travelling dan exploring kekayaan alam negeri kita
Di hari kedua, aku bersama teman-teman dari kelompok B 701 kebanyakan ngumpul bareng di kelas, kenalan sama kakak-kakak mentor, kenalan sesama anggota kelompok, main games bareng. Acara ospek hari kedua berakhir jam 16.00 

Hari Ketiga

Selfie Bareng Temen-temen dari B 701

Di hari ketiga, aku sama temen-temen sekelompok dengerin seminar dari alumni UNTAR yang sudah profesional di kariernya. Menurut beliau, hampir 90% materi yang ia pelajari di UNTAR semuanya dapat diterapkan di dunia kerja. Pengalaman beliau semakin meyakinkan aku kalo berkuliah di UNTAR memang bakal bikin kita siap bersaing di dunia kerja nanti.

Setelah seminar, kami kembali ke tempat masing-masing untuk main games bareng kakak mentor, adu yel-yel sama kelompok lain, dan ga lupa sih foto bareng hehehe.

Ga kerasa, ospek hari ketiga sekaligus penutup acara PMB 2015 berakhir. Jujur sih, aku jauh lebih suka ospek di hari kedua dan ketiga dibandingkan hari pertama. Mungkin sih karena bareng-bareng terus selama 2 hari, jadi lebih akrab aja gitu sama temen-temen yang lain. Meski ga semuanya anak akun dan ga sekelas, tapi kita kompak-kompak aja dan kita ga pilih-pilih temen. 

Menurutku, acara PMB yang aku jalanin selama 3 hari di UNTAR ini bener-bener berkesan :)


Foto Bareng Kakak-kakak Mentor B 701. Sukses buat semuanya!

Sebelum aku mengakhiri tulisanku, aku mau bagi beberapa tips buat kalian-kalian yang sebentar lagi bakal ngalamin ospek/acara PMB:
  • Ikutin acara ospek dari awal hingga selesai: jangan pernah meremehkan ospek/menganggap ospek itu acara yang ga penting. Justru acara ospek ini harus kita gunain bener-bener buat cari teman-teman baru
  • Be an active person, not a passive one: dunia kuliah menurutku jauh lebih bebas dibandingkan masa SMA yang masih diatur. Jangan pernah tunggu orang lain yang menyapa kamu duluan. Mulailah menyapa duluan, dan berkenalan dengan teman baru. Jujur, aku ini termasuk anak yang introvert pas SMA. Perlahan, aku mulai mengurangi sifat introvertku dan mulai mencoba aktif di lingkungan baru. Mungkin diawal aga susah, but trust me, being more active will give you more benefits for yourself
  • Keep away your gadget: jangan terlalu terpaku dengan gadget kita, jadi kita lupa sama lingkungan sekitar kita. Boleh si, ngecek path/instagram/bales chat temen sebentar, tapi jangan dikit-dikit keluarin gadget gara-gara kamu malu. Daripada waktu kamu terbuang buat ngecek gadget kamu, mending waktu itu dipake buat ngobrol sama temen sekelompok kamu, lumayan kan, bisa tukeran username instagram biar followers kamu nambah :p
  • Abis ospek, usahain tetep nyapa temen sekelompok kamu: meskipun beda kelas/fakultas, usahain sih tetep nyapa temen-temen yang sempet kenalan sama kamu. Masa kuliah itu penting loh buat memperluas koneksi kita

Itu aja sih yang mau aku sampein tentang acara ospek di UNTAR. Buat kalian yang masih bingung mau kuliah dimana, mulai deh cari-cari rekomendasi dari orang terdekat/dateng ke kampus tujuanmu buat tanya-tanya. 

Terakhir, buat temen-temen yang sama-sama baru mulai kuliah, semangat ya!













2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. Casino Review for Harrah's Atlantic City - Mapyro
    Harrah's Resort Atlantic City is 울산광역 출장마사지 a massive entertainment destination 충주 출장안마 located just 사천 출장마사지 north of the famous Venetian 성남 출장샵 in Atlantic City. It is 용인 출장샵 an easy

    ReplyDelete